Optimal Memaknai Satu Halaman

Bismillah.

Awal melihat detail gambar ini, kening lantas berkerenyit. Tanda tanya besar mengawali sesak pikiran yang akhirnya tumpah di layar gawai. Eh gawai apa cobaa? Nah gawai itu gadget yaa, ehm. Langsung pakai info kosakata bahasa indonesia yang kemarin viral jadi broadcast whatsapp ituloh 😂

Selembar gambar di sebuah buku ternyata bisa begitu bernilai, bukan cuma sekedar rentetan kalimat yang dipadu ilustrasi ciamik. Lalu lewat saja ketika mata selesai pada titik terakhirnya. Semacam pilihan menghabiskan waktu di penutup senja. Hilang bersama angin sahaja.
Padahal Lebih dari itu, ia bisa begitu mengubah dunia.

Dari satu kertas, ada banyak yang bisa digali ternyata. Detail gambar sampel yang diambil dari buku panduan pemakaian buku BBM ini membawakan narasi bahwa ada banyak yang bisa lakukan saat mendampingi jiwa-jiwa mungil menghabiskan masa kecil mereka. Menyenangkan dan menumbuhkan harapan manusiawi serupa perkembangan kecerdasannya.

Jadi, jika ada sebuah buku terbuka di hadapanmu, dan ada wajah bening yang menanti suara berkisahmu, ketahuilah bahwa sejatinya kau sedang membangun batu bata pribadinya. Mengisi tulang belulangnya dengan kecintaan pada ilmu. Menyiram fitrah belajarnya menjadi semai. Menjalin benang rekat kasih antara dua insan. Bukan sekedar menghabiskan halaman demi halaman percuma.

Hingga di akhir masa kelak bisa kita tutup dengan melangitkan doa, menitip cita pada tangan Tuhan YME; semoga Engkau berkenan membantu setiap perannya di dunia dan akhirat.

*contoh isi buku dari panduan orangtua dari paket buku starter akhlak Balita Berakhlak Mulia terbitan Sygma. Saved for reminding me

Comments