#ntms

Ada banyak hal dalam hidup yang cuma bisa diterima. Tanpa daya mengubahnya. Mungkin, hanya sabar dan syukur yang bisa menemani kewarasan tetap terjaga. Jauh, hingga ujung syurga. Bersama dengan doa yang terus.

Ada juga banyak hal dalam hidup yang perlu diperjuangkan. Diusahakan sampai menuntut kemampuan diri dikerahkan tunai. Kala itu, menghadapinya dengan daya tahan dan gelora juang adalah pilihan terbaik. Ya, pilihan. Sebab berapa banyak yang nyatanya belum ada setapak jalanpun sudah memilih minggir dan pulang.

Padahal rahasia ujian Allah tidak menuntut titik penyelesaian atas segala sesuatu, sebagaimana perang tidak semerta berarti menang. Ia hanya menyaksikan dari tempat-Nya yang mulia, seberapa jauh daya yang tersimpan dalam pribadi lemah manusia ini benar keluar di pentas sejarah dunia atas niat karena-Nya.

Apakah kita termasuk yang ringan melangkah gagah dalam medan perjuangan, atau yang ciut mundur dari garis mula. Maka tak peduli berapa lambat, seberapa lemah dan lelah, sedahsyat apapun derita, pastikan bertahan menempuh jalan tujuan; pastikan arah menuntunmu menuju kenikmatan paling paripurna.

Kairo. April 16 2016
~sekedar catatan meneguhkan tapak kaki yang seringkali goyah bersimbah payah.

Allahummaj'al khaira ayyaamina yauma nalqaaKa fiihi.

Comments